Ilustrasi : free Asset pixabay
Ilustrasi : free Asset pixabay

Cara Investasi Saham Online Untuk Pemula

Cara Investasi saham Online untuk pemula – Merencanakan keuangan masa depan sangatlah penting. Salah satunya yaitu untuk dana pada masa tua nanti. Ketika fisik sudah tidak mampu bekerja lagi, maka uang yang akan bekerja untuk kita. Hal itu merupakan harapan semua orang.

Oleh karena itu. Salah satu cara untuk mengabulkan keinginan tersebut yaitu dengan cara investasi. Investasi memiliki harapan bagi sebagian orang, dengan harapan dapat memberikan keuntungan bagi kita dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan investasi saham sebagai salah satu investasi yang menguntungkan apalagi sekarang sudah bisa melakukannya secara online. Bagi kalian investor pemula yang sedang ingin belajar cara berinvestasi saham online yang benar kalian bisa menyimak  tutor dan cara berikut.

Cara Melakukan Investasi Saham Online Berikut Ini.

1.      Tentukan Kantor Sekuritas

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menentukan sekuritas yang tepat. Untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat daftar kantor sekuritas dahulu dalam keanggotaan Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

Semua daftar kantor sekuritas yang telah terdaftar dalam BEI sudah memiliki kompetensi dari segi keuangan dan mendapat kepastian aman karena pengawasannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Untuk mempermudah kalian memilih kantor sekuritas mana yang baik. Kalian dapat melihat dari aplikasi saham online yang kepemilikannya oleh kantor sekuritas tersebut.

 

Selain itu, kalian juga dapat melihat dari dummy-trade yang telah tersedia. Dummy-trade ini akan mengevaluasi performa aplikasi jual-beli saham ini.

 

Menentukan kantor sekuritas adalah hal mendasar bagi pemula dalam mempelajari cara investasi saham online.

 

2.      Membuka Rekening Saham

Setelah kalian memutuskan kantor sekuritas mana yang kalian rasa tepat. Selanjutnya, kalian dapat membuka rekening saham. Dengan rekening saham ini, kalian bisa melakukan jual-beli saham.

TRENDING:  Jenis Aset Cripto yang Perlu Kamu Tahu!

 

Pembukaan rekening saham dapat melalui online bukan dengan menggunakan aplikasi saja. cara ini sangat memudahkan bagi investor pemula. Kalian hanya perlu mengisi beberapa informasi umum seperti nama lengkap, nomor hp, alamat e-mail, dan data lainnya.

3.      Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening dana nasabah tentu saja perlu sebagai rekening khusus untuk menyimpan dana transaksi jual-beli yang dibuat oleh pihak Bank. Berbeda dengan rekening saham yang gunanya untuk aktivitas jual-beli saham.

Dana kalian akan tersimpan di RDN saat kalian akan menyetorkan modal dan untuk mengambil fee penjualan saham.

 

Pembukaan RDN bisa dilakukan secara online. Dokumen yang pastinya harus ada adalah KTP dan persyaratan lainnya. Tergantung dari kantor sekuritas mereka masing-masing

4.      Menyetor Modal Investasi Saham Online

Setelah kalian memiliki rekening saham dan RDN. Selanjutnya, kalian harus menyetorkan modal terlebih dahulu. Modal tersebut disetorkan ke dalam RDN sesuai dengan jumlah transaksi saham yang akan kalian beli.

 

Sebelum itu dana tersebut harus di depositkan. Setelah transaksi awal lancar, berlanjut dengan transaksi berikutnya. Setelah dua hari sejak transaksi dilakukan kalian bisa melakukan pembayaran kewajiban. Menyetor Modal Investasi adalah Poin penting dari cara investasi saham Online.

5.      Lakukan Pembelian Saham Online

Dalam membeli saham online, kalian harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

 

  • Tentukan saham apa yang ingin kalian beli dan ingat kode sahamnya
  • Kalian dapat melihat harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer). Tentukan pada harga berapa kalian akan membeli saham itu.
  • Untuk mendapatkan harga saham secara cepat. Kalian dapat memasang harga beli saham = harga penjualan (offer)
  • Untuk mendapatkan harga beli saham yang murah, kalian bisa memasang harga jual terendah.
  • Kalian dapat memasang harga order berdasarkan waktu dan prioritas kerja.
TRENDING:  Cara Memilih Platform Trading Forex Terbaik

Jika kalian sudah melakukan transaksi pembelian, kalian bisa mengecek pada portofolio kepemilikan saham. Di sana akan tertera berapa jumlah lembar saham, harga rata-rata dan nilai investasi saham kalian.

6.      Lakukan Penjualan Saham Online

Cara investasi saham Online yang ke-enam adalah tehnik penjualan saham Online.

Jika kalian ingin melakukan penjualan saham. Kalian dapat melihat beberapa cara berikut ini :

  • Tentukan saham mana yang akan kalian jual dan berapa jumlah lembar sahamnya.
  • Tentukan harga berapa saham yang ingin kalian jual. Hal ini akan menentukan seberapa cepat saham kalian akan terjual. Semakin murah harganya, maka saham tersebut akan lebih cepat terjual. Begitu pun sebaliknya.

Nah, itulah beberapa cara investasi saham online untuk pemula yang perlu mendapat perhatian bagi pemula yang ingin menekuni dunia saham.